BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Selasa, 09 Juni 2009

ARTIFICIAL LIFT

Jenis reservoir


Pada saat sumur sudah mencapai tahap penyelesaian dan akan mulai berproduksi, awalnya tenaga yang digunakan untuk mengangkat fluida dari dasar sumur ke permukaan adalah menggunakan sembur alam (natural flowing). Sembur alam yaitu memanfaatkan energi yang terkandung didalam reservoir untuk mengangkat fluida ke permukaan.

Tekanan reservoir dan gas formasi yang tersedia harus memiliki energi yang cukup untuk mengangkat fluida dari dasar sumur ke permukaan dan dapat mengatasi kehilangan tekanan selama proses aliran sampai ke permukaan. Semakin lama tekanan atau energi tersebut akan semakin berkurang dan suatu saat energi tersebut tidak mampu lagi mengangkat fluida. Kondisi tersebut akan berakibat terhadap penurunan laju produksi dan bahkan akan mengakibatkan sumur tersebut berhenti berproduksi atau mati. Apabila tekanan reservoir terlalu rendah atau laju produksi yang dikehendaki lebih besar dari energi reservoir tersebut, maka harus digunakan metode pengangkatan buatan (artificial lift system).

Terdapat dua metode dasar pengangkatan buatan (artificial lift ) yang sering digunakan yaitu pengangkatan buatan dengan menggunakan sistem pompa dan sistem gas lift. Dalam penggunaan artificial lift dengan sistem gas lift maka harus tersedia gas dengan jumlah yang cukup dan mempunyai tekanan yang tinggi untuk dapat mengangkat fluida dari dasar sumur sampai ke permukaan.

2.1. Pemilihan Metode Artificial Lift

Pemilihan metode artificial lift dilakukan dengan membandingkan kelebihan dan kekurangan masing-masing metode pengangkatan buatan yang sesuai dengan kondisi sumur dan reservoir. Diharapkan dengan memilih metode yang sesuai dengan kondisi lapangan ini proses produksi dapat berjalan dengan efektif dan mencapai laju produksi yang optimum.



#ELECTRIC SUBMERSIBLE PUMP (ESP)#

ESP adalah pompa yang mempunyai banyak tingkat (stage) dimana setiap tingkat mempunyai impeller, yaitu bagian yang berputar dan fungsinya memberikan kecepatan terhadap cairan yang dipompakan.

Pompa ESP dibuat atas dasar pompa sentrifugal bertingkat banyak dimana keseluruhan dari pompa dan motornya ditenggelamkan kedalam cairan. Pompa ini digerakkan dengan motor listrik dibawah permukaan melalui suatu poros motor (shaft) yang memutar pompa, dan akan memutar sudu-sudu (impeller) pompa. Perputaran sudu-sudu itu menimbulkan gaya sentrifugal yang digunakan untuk mendorong fluida ke permukaan. Adapun fungsi dari ESP adalah :

· Mempermudah penanggulangan scale.

· Mampu memompa cairan dalam jumlah yang besar.

· Lebih mudah dioprasikan dan biaya operasi rendah.


(ESP)


#SUCKER ROD PUMP#

Pompa angguk adalah jenis artificial lift system yang menggunakan pompa jenis penghisap di dalam sumur yang dihubungkan keatas lengan batang logam (rod), hampir semua sumur-sumur tua dibantu oleh pompa angguk dan di tempatkan tepat di depan perforasi atau diatas lubang sumur.

Pompa angguk tidak mudah rusak dan mudah diperbaiki, tidak cocok pada operasi lepas pantai (off shore) karena kebanyakan sumur-sumur lepas pantai berprofil miring.



(Suck-Rod)

0 komentar: