BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Kamis, 18 Juni 2009

Steve Nash Rebut Gelar Pemain Terbaik NBA

Pemain Guard Phoenix, Steve Nash, bintang asal Kanada yang memimpin Suns menjadi tim terbaik NBA musim ini, terpilih sebagai pemain terbaik atau Most Valuable Player(MVP) reguler NBA, Minggu waktu setempat.

Berita ini sebenarnya sudah bocor beberapa hari lalu sehingga Nash tidak terlalu terkejut saat menjadi point guard kedua dalam 40 tahun sejarah NBA yang merebut gelar MVP, mengalahkan pemain center Miami Shaquille O`Neal.

"Ini benar-benar di luar perkiraan saya. Saya benar-benar merasa terhormat," kata Nash, Minggu setelah pengumuman hasil voting MVP. "Ini luar biasa. Saya tidak pernah berharap atau memimpikan perhargaan ini."

Nash memimpin dengan perolehan 1.066 total poin dan 65 pilihan pertama dalam media polling untuk mengalahkan O`Neal yang memperoleh 1.032 poin dan 58 pilihan pertama dalam pemilihan MVP terketat keempat dalam sejarah NBA.

"Secara jujur saya katakan saya malu menang atas Shaq," ungkap Nash, Sabtu.

Pemain forward Dallas asal Jerman Dirk Nowitzki berada di peringkat ketiga dan pemain tinggi besar San Antonio Spurs Tim Duncan di posisi keempat, serta guard Philladelphia Allen Iverson pada peringkat kelima.

O`Neal telah memenangkan gelar MVP babak final tiga kali, namun baru sekali menjadi MVP reguler.

"Steve adalah pemain yang baik," kata O`Neal. "Tahun ini sangat menggembirakan bagi Steve. Dia bermain basket dengan bagus."

Dibandingkan dengan musim lalu, Suns mencatat hasil lebih baik dalam 33 partai setelah kedatangan Nash, 31. Phoenix mencatat 29-53 musim lalu dan memperbaikinya menjadi 62-20 musim ini. Suns juga memiliki keuntungan menjadi tuan rumah dalam setiap babak di playoff.

"Saya tidak pernah menyangka akan memulai musim ini dengan 31-5," kata Nash. "Sejak saat itulah saya menyadari kami sulit dikalahkan."

Nash, yang sempat bergabung selama enam tahun dengan Dallas Mavericks akan memimpin Suns saat berhadapan dengan mantan klubnya pada babak kedua yang akan digelar Senin.

Nash berperan sebagai otak serangan cepat Suns dengan catatan terbaik NBA 11,5 assist per game dan mencetak rata-rata 15,5 poin per game. Dia termasuk dalam tiga guard terbaik NBA yang dapat memasukkan 50 persen dari percobaan tembakan mereka.

Nash menyamai catatan pemain legendaris NBA dari Los Angeles Lakers, Magic Johnson sebagai point guard yang meraih gelar MVP sejak Oscar Robertson dari Cincinnati pada 1964.

Poin yang dicetak Nash merupakan poin terkecil yang pernah dicetak seorang MVP sejak Bill Watton dari Portland menang pada 1978. Nash juga menyamai Charles Barkley peraih MVP tahun 1993 sebagai pemain Suns yang pernah meraih MVP.

O`Neal, 33, membuat Miami berpeluang merebut gelar juara NBA setelah pindah dari klub lamanya Los Angeles Lakers. Heat tampil lebih baik dalam 17 partai dengan catatan 59-23, sedangkan catatan kemenangan Lakers menjadi 34-48 dari 52-26.

O`Neal mencatat rata-rata 22,9 poin dan 10,4 rebound serta menjadi penembak paling akurat dan paling dominan dalam sejarah NBA.

0 komentar: